Sabtu, 11 Mei 2013

onde-onde kacang hijau

bismillah....
alhamdulillah lagi-lagi ndak kebayang bisa bikin onde-onde kocak...kata orang jawa..
onde-onde ini jika di kocok ...bunyi soalnya dalamnya maksud saya isiannya kecil kulitnya besar.....
dari dulu mikir kok bisa gitu ya....eeeh ternyata begini ya....
resepnya biasa minta bantuan mbah google...tapi lupa sumbernya semoga jadi amalan yang nulis resep...dunia akhirat...waktu bikin jadi kayak yang saya inginkan ndak ya...was-was...
saking pingin banget yang namanya jajanan tradisional...saya goreng 4 itupun selesainya pukul11.30 pm ...emang buatnya dah malam selepas isya'....
hasilnya ndak mengecewakan....
bahan isian
-100 gram kacang hijau(rendam 2 jam lebih kayaknya lebih bagus ..kalau bisa kacang hijau yang sudah di kupas...he..he tapi saya pake yang biasa)
-75 gram gula pasir
-1 lembar daun pandan simpulkan
-1/4 sdt vanili
-1/4 sdt garam
-50 ml santan(saya pake santan bubuk 1 sdm tambah air jumlahnya jadi 50 ml)
cara membuat isian
-setelah di rendam triskan kukus kacang hijau hingga mateng,haluskan(di blenderjuga bisa)
-masukkan kedalam wajan beserta semua bahan ,aduk-aduk hingga kalis,dinginkan
-lalu bentuk bulat-bulat,ukurang sesuai selera....^^ sisihkan
bahan kulit
-250 gram tepung ketan
-75 gram gula pasir(saya pake gula halus)
-1 sdm tepung maizena
-175 ml air hangat +1 sdm air kapur sirih+1/8 sdt garam(air kapur sirih saya ganti dengan sujung sdt baking soda,kira -kira1/4 kurang dikit juga ndak papa...trus saya pake air dingin..malas manasin air..^^)
cara membuat
campur semua bahan kering
-aduk air beserta garam dan soda kue hingga larut,tuang kedalam adonan sedikit demi sedikit,uleni hingga kalis,
-ambil  sedikit adoanan bentuk bulat pipihkan,masukkan bulatan kacang hijau ..tutup kembali
-lakukan hingga adonan habis
bahan untu tambahan
-wijen secukupnya
setelah berbentuk bulatan celupkan kedalam air,lalu guling-gulingkan di atas wijen hingga rata
-goreng dengan api kecil...kata seniornya biar ndak meledak...ternyata bener ...^^ ndak meledak
-goreng hingga warnanya kuning keemasan...
-angkat sajikan
selamat mencoba
semoga bermanfaat
---------------------ummi tsabita----------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar