Rabu, 21 Agustus 2013

martabak manis

bismillah....
alhamdulillah,datang lagi semangat untuk ngeblog,lama sekali ndak ngintip atau nulis blog....^^
untung ndak lupa paswordnya
kali ini saya akan menulis tentang  martabak manis...
specialnya ini resep takaran saya sendiri,awal resep saya...ciiiiieeeh.tapi bener kok^^
saya sudah berulang kali mencoba bikin martabak..sampai abinya tsabita bilang tepung sudah habis 1/2 kwintal....saking seringnya..
kegagaln pasti ,diawal mencoba berulang kali gagal..setelah mencoba banyak resep akhirnya terciptalah resep martabak saya ini...semoga bermanfaat
martabak saya ini .tanpa ragi...seperti yang pernah saya baca di http://www.martabakspektakuler.com/articles/tepung_martabak_ragi.html

walaupun belum bia secantik martabak di artikel tersebut di atas lumayan  berserat alhamdulillah...^^


ini juga hasil uji coba kesekian kalinya

kalau yang ini gosong ,tapi rasanya masih tetep enak

BAHAN-BAHAN
-500 gram tepung trigu(saya pake allpurpose)
-60 gram gula pasir(saya pake gula tepung atau gula halus)
-1/2 sdt soda kue
-10 gram susu bubuk(bisa di skip jika tidak ada)
-vanili dan garam secukupnya
-6 sdm minyak goreng
-1 butir telur utuh
-750 ml air
bahan pelengkap lainnya

-coklat beras atau misis
-kacang tanah sangrai tumbuk kasar
-keju
-susu kental manis
-mentega
-1/4 sdt soda kue ,masukkan jika adonan mau di bakar
-gula kastor atau gula putih kasar untuk taburan


cara membuat:
-masukkan semua bahan dalam wadah,mix dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata semua bahan
-kemudian saring,untuk memastikan adonan tak ada yang mengumpal...
-diamkan selama 1 jam atau lebih...
-panaskan teflon,atau cetakan martabak(sebaiknya kalau memakai teflon jangan yang ada anti lengketnya dan jangan di olesi minyak)
-sambil nunggu teflon panas,aduk-aduk adonan dan tambahkan 1/4 sdt soda kue aduk rata
-tuang kedalam teflon (saya pake teflon ukuran 20 cm ,biasanya sekitar 400 cc adonan)
-bisa juga adonan langsung di bagi tiga bagian sama rata



diatas adalah teflon yang saya pake
-saat pertama pembakaran gunakan api sedang,setelah timbul gelembung-gelembung .taburi gula pasir kasar
-setelah nampak lubang lubang kecilkan apinya

setelah kelihatan seperti gambar ditas tutup ,(itu saya pake teflon yang ada anti lengketnya soalnya kecil,pas untuk adonan yang tersisa.saat itu nyoba setengah dari resep jadinya 1 lebih setengah(setengahnya saya cetak di teflon kecil)
-setelah matang angkat keluarkan martabak dari cetakan olesi dengan mentega taburi misis,kacang tanah sangrai.keju jika suka,trus siram dengan susu kental manis
-potong bagian tengah dengan cara melintang tumpul ,potong lagi sesuai selera
-olesi juga mentega bagian kulitnya saat sudah di tumpuk
-selamat mencoba
semoga bermanfaat
--------------------------ummi tsabita---------------------







Tidak ada komentar:

Posting Komentar