Selasa, 12 Maret 2013

pia basah

bismillah..
alhamdulillah....
akhirnya bisa juga bikin kue pia basah ini..
resep ini saya dapat dari @rina audi..
sambil menguji doublepan yang sangat hebat dan serba guna..ternyata bikin pia ini bisa juga tanpa di oven..pake doublepan pun juga bisa...
bahan isi:
- 125 gr kacang hijau
-500 ml air
-50 gr gula merah
-25 gram gula pasir
1/2 sdt fanili( 2 lembar daun pandan)
-sejumput garam
-2 sdm minya goreng
cara membuat:
-rebus air sampai mendidih ,masukkan kacang hijau, matikan api,biarkan semalaman dalam kondisi panci tertutup.besoknya rebus sampai kacang hijau empuk,saring ,tiriskan(punya saya ndak saya rebus tapi saya kukus)
-blender kacang hijau sampai halus,masukkan di wajan,masukkan garam ,gula ,garam dan fanili.aduk aduk sampai kalis matikan api masukkan minyak aduk rata dinginkan
-bagi menjadi 30 bagian
bahan kulit:
-250 gram tepung trigu protein sedang
-3 sdm gula pasir
- 1/2 bks ragi instan (kurang lebih 1/2 sdm)
-2 sdm margarin(saya pake mentega)
-1/4 sdt garam
-125-150 ml air hangat(atau secukupnya)
cara membuat:
-campur trigu,gula dan ragi instan(fernipan0aduk rata tuang air sedikitdemi sedikit uleni hingga rata masukkan margarin dan garam aduk rata hingga kalis .diamkan selama 45 menit.siapkan loyang yang sudah di olesi minyak(bagi yang mau proses nya di oven )karna saya pake double pan jadi tanpa saya olesi minyak
-kempiskan adonan bagi jadi 30 bagian,pipihkan isi dengan kacang hijau,bentuk bulat2 lalu pipihkan,diamkan selama 15 menit lalu oven atau panggang..jika sudah kuning warnanya balik adonan kue,hingga semua sisi berwarna kuning angkat sajikan ..
bagi yang pake doublepan apinya kecil ya biar ndak cepet gosong
yang pake oven suhu200 derajat oven selama 10 menit keluarkan balik dan oven lagi selama 5 menit..keluarkan
semoga bermanfaat
-------------------------ummi tsabita----------------------



Tidak ada komentar:

Posting Komentar