Kamis, 25 April 2013

bolu kukus lebay

bismilllah.......
alhamdulillah....dag-dig-dug...hati berdebar -debar,,,,saat mengukus serasa ingin buka pengukus ndak sabar lihat hasilnya,,,,,tapi masih belum waktunya...menyabarkan diri.karna berulang kali mencoba tetep saja hasilnya ndak mau mekar..dari beberapa uji coba 2 kali yang berhasil ,keberhasilan yang pertama rasanya masih keras ndak gitu lembut,karna merasa tertantang .....pingin bikin lagi masak saya kalah dengan resep  bolu yang satu ini...
kali ini beda resep dengan yang pertama tapi tetap tidak menggunakan emusifier...
hasilnya kali ini lembut dan enak dari pada yang pertama
kali ini berbunga -bunga hati q karna saat aq buka tersenyu mereka bahkan lebay sekali mekarnya jadi tak kasih nama "BOLU KUKUS LEBAY"
bahan
-1 butir telur utuh
-1 butir kuning telur(pengganti emulsifier)
-125 gram gula psir
-125 gram tepung trigu
-85 ml minuman bersoda (saya pake 7upseperti sprite dan takarannya saya tambah 1sdt )
-sejumput baking powder double acting
-valini saya pake yang cair
-sejumput garam
-pewarna makanan sesuai dengan yang di inginkan,
cara membuat:
-panaskan alat pengukus,jangan lupa didihkan air juga di ketel,jadi misalnya nanti kekurangan air pengukusnya tinggal langsung tuang air panasnya ,jadi bisa langsung ngukus....sisanya.kalau misalnya bikin banyak
-campur trigu,baking powder double acting dan garam
-mix telur,gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih,(saya butuh waktu 5 menitan tapi ndak semua mixer sama)
-masukkan secara bergantian tepung trigu yang sudah di campur dengan bpda dan garam dan minuman bersoda
-mix lagi kurang lebih 10 menitan atau sampai kental
-matikan mix bagi adonan sesuai warna yang diinginkan
-tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah di alasi paper cup
- tuang 1/2 sdm ,kemudian 1/2 sdm lagi dengan warna yang berbeda dan seterusnya hingga penuh(di selang seling gitu)untuk menghasilkan motif seperti diatas
saya pake cetakan seperti dibawah ini

ingat ngukusnya dengan api besar...harus yaaaaa...
-kukus kurang lebih 10 menitan,angkat sajikan
pesan saya jika gagal maka jangan putus asa ,saya nyobanya ndak tau berapakali baru 2 kali ini berhasil....
tetap semangat
minuman bersoda yang saya pake

semoga bermanfaat
----------------ummi tsabita--------------------






Tidak ada komentar:

Posting Komentar