Kamis, 28 Maret 2013

apam polkadot

bismillah ..
alhamdulillah bisa juga bikin kue bolu yang lagi ngtrend saat ini..
tapi saya ndak gitu jago seperti mereka kebanyakan..
soalnya ndak bisa gambar... jadi bikin yang mudah aja di dot-dot aja...^^
sebenarnya bukan apam tapi rasanya persis bolu kukus mekar,
dan ini emang cocok sekali buat saya..
karna saya selalu kena kutukan bolu kukus mekar..kalau bikin ndak pernah mekar ndak tau kenapa...hi.hi ketauan deh belum berhasil uji coba balu kukus mekar
yuuuk di intip resepnya..
resep ini saya dapat dari:www.dapurnyasaya.blogspot.com
bahan:
-3 butir telur(dingin baru keluar dari lemari es)
-275 gram tepung trigu
-220 gram gula pasir(saya pake gula halus)
-150 susu segar(dingin juga baru keluar dari kulkas)
-1 sdt sp(saya ndak pake karna ndak ada)
-1/2 sdt baking powder(saya pake 1 sdt munjung)
-vanili
filling (untuk isian)sesuai selera saya pake misis saja karna adanya itu...^^
cara membuat:
-panaskan alat pengukus,alasi tutup dengan kain lap
-mixer gula dan telur hingga mengembang,(mixer saya cuma butuh waktu 5 menit saja,tapi ndak semua mixer sama)
-kemudian masukkan susu bergantian dengan tepung trigu(yang sudah diayak rata dengan baking powder dan fanili aduk dengan kecepatan rendah ,aduk rata
- bagi adonan menjadi beberapa gaian sesuai dengan warna yang diinginkan,kemudian masukkan kedalam plastik segi tiga
-potong ujung plastik,tekan adonan kedalam cetakan yang sudah di alasi papercup,kira2 1/3 cup kemudian masukkan filling,saya taburi misis pada bagian tengah kemudian masukkan adonan lagi jangan sampai penuh
-selanjutkan bikin dot-dotnya(tekan adonan berbeda warna di atasnya hinggan berbentuk lingkaran kecil0
-lakukan hingga adonan habis ,kukus sampai matang kurleb 15 menit

jika pandai mengambar bisa juga bikin motif gambar sesuai selera..
kalau adonan terlalu kental bisa di tambar air sedikit..
takutnya kalau kental jadinya mekar(atau tertawa)
selamat mencoba 
semoga bermanfaat...
-------------------ummi tsabita-------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar